Tuesday 24 November 2015

Tutorial Android 3 : Membuat Aplikasi Pertama - "Hello World!"

Seperti biasa ketika kita akan memulai mempelajari sebuah pemrograman yang pertama kita lakukan adalah membuat aplikasi hello world. Pembuatan aplikasi ini sangan berguna untuk mengetes android studio yang sebelumnya kita install sudah berhasil ataukah masih terdapat masalah, selain itu juga ketika kita pertama kali menjalankan aplikasi di Android Studio kita memerlukan emulator, oleh karena itu pada artikel ini kita akan mempelajari bagaimana membuat sebuah aplikasi hello world dan membuat sebuat emulator di Android Studio ini.

Untuk membuat aplikasi "Hello World!" ikutilah langkah berikut :
Pertama buka Android Studio, sampai muncul tampilan dibawah. Selanjutnya klik New Project

Isikan Application name dan Company domain sesuai yang anda inginkan. Karena kita disini akan membuat aplikasi Hello world, aplication name isikan dengan "HelloWorld" dan company domain isikan "androidatc.com" seperti gambar di bawah ini


Pastikan "Phone and Tablet" terceklis dan pilihlan Minimum SDK nya kemudian klik Next. Pada tahap ini kita melihat pilihan TV, Wear dan Glass, jika pada android studio kita sudah terinstall Android 5.0 Lollipop maka kita bisa membuat aplikasi untuk platform ketiga pilihan tadi.

Pada halaman ini pilihlah type activity yang akan kita buat, untuk aplikasi ini kita pilih "Blank Activity", kemudian Next.


Pada tahap ini isikan aktivity name, layout name, title dan menu resource name.

Setelah terisi klik Finish dan tunggu beberapa saat sampai muncul halaman seperti berikut :

Proses pembuatan project selesai dilakukan. Selanjutnya kita akan menjalankan aplikasi/project tersebut, tetapi ketika kita pertama kali membuat aplikasi / project kita harus membuat Android Virtual Device (AVD) atau sering disebut emulator. Kenapa kita mesti membuat AVD tersebut, itu karena membantu kita dalam menjalankan aplikasi yang sudah kita buat tanpa menggunakan perangkat hanphone langsung. Bagaimana kita membuat AVD tersebut, ikuti langkah berikut :

Klik icon AVD Manager di toolbar Android Studio
Kemuidan akan muncul halaman seperti berikut, dan klik tombol "Create Virtual Device"

Pada bagian "Select Hardware" pilihlah hadware yang akan kita gunakan untuk melakukan test terhadap aplikasi yang sudah kita buat tadi. Jika kita ingin membuat device lain selain yang tertera di list tersebut kliklah button "New Hardware Profil".

Pilih Nexus 6 kemudian klik Next. Selanjutnya pilihlah version OS Androidnya untuk dijalankan di emulator. Kita pilih saja versi Android 5 (Lollipop) kemudian klik Next.

Selanjutnya isikan nama AVD nya, disarankan menulis nama AVD ini sesuai dengan nama hardware dan versi OS nya, misalnya "Nexus 6 API 21". Setelah setelai klik tombol Finish sehingga muncul tampilan sperti ini :
Jalankanlah emulator yang tadi sudah kita buat, dengan cara klik icon play di kolom Action.




Tunggu beberapa saat sampai muncul emulator handphone androidnya seperti berikut :



Pembuatan AVD sudah kita lakukan dan emulator sudah berjalan, selanjutnya kita jalankan aplikasi "Hello world" yang sudah kita buat tadi dengan cara klik icon Run di toolbar Android Studio seperti berikut :

Setelah klik icon tersebut akan muncul tampilan seperti berikut :
Pilihlah device / emulator yang sedang berjalan kemudian klik OK. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan di emulatornya seperti berikut :

Dengan munculnya seperti gambar tersebut maka aplikasi Hello World yang kita buat tadi berhasil dijalankan.



No comments:

Post a Comment